Sep 15

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

borobudur

Borobudur

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Para peziarah masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam, sambil terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam perjalanannya ini peziarah berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

borobudur-nha1Candi Borobudur yang merupakan monumen Buddha termegah dan kompleks stupa terbesar di dunia yang diakui oleh UNESCO. Bangunan Candi Borobudur secara keseluruhan menjadi galeri akan mahakarya para pemahat batu.

Menikmati kemegahan Candi Borobudur tidak hanya cukup dengan berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi. Satu hal yang jangan dilewatkan adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas candi. Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Jam buka:

Senin – Minggu, pukul 06:00 – 17:00 WIB

Borobudur Sunrise

384506Sunrise-over-the-big-stupa-at-Borobudur-templeBorobudur terbaik dilihat pada saat menjelang fajar. saat udara masih segar dan penuh kicau burung. Ketika kabut mulai terangkat, sorot matahari pagi menyinari gunung berapi di sekitarnya, sawah bertingkat, dan menyoroti relief batu dan di banyak wajah Buddha. Melihat Borobudur pada fajar hari untuk pertama kalinya sering merupakan pengalaman emosional yang sangat terasa.

Wisata ini menawarkan pengalaman yang berbeda di mana peserta diberi izin khusus untuk memasuki monumen pagi di sekitar 4:30 sebelum pengunjung umum masuk area candi dan pengunjung harus berjalan dari hotel ke Borobudur dengan berjalan-jalan menjelang fajar melalui rumput berembun dari taman tropis yang rimbun. Sebuah panorama dan pagi yang sangat indah di Borobudur terutama saat-saat ketika matahari akan muncul dari cakrawala. Sebuah pengalaman yang benar-benar mencerahkan

Borobudur Sunset

423039Tur ini memberikan pengalaman berbeda bagi mereka dengan kunjungan ke Candi Suci. Pada hari itu, pengunjung dapat menghargai konteks sejarah dan budaya monumen abadi. Panduan pribadi akan membawa ke kehidupan pengetahuan yang terkandung di dalam relief. Dalam tur ini Anda akan diberikan waktu lebih dari pengunjung umum ketika matahari tenggelam dari Candi Borobudur. Waktu yang diberikan dalam hal ini wisata adalah sampai sekitar pukul 06:30 dan tur akan berakhir dengan waktu teh dan dilengkapi makanan ringan.

Harga Paket:

Pengunjung Asing: Rp 380.000 per orang

Pengunjung Domestik: Rp 250.000 per orang

Pengunjung Hotel (yang tinggal di Manohara): Rp 230.000 per orang

front-of-borobudurBila malas berjalan kaki, maka beberapa kendaraan berikut bisa menjadi solusi untuk Anda menikmati berjalan-jalan mengelilingi Candi Borobudur.

Sewa Kereta Mini. Tak jauh dari pintu masuk, terdapat loket untuk menyewa kereta mini. Tarifnya Rp 7.500. Kereta akan jalan bila penumpang sudah penuh. Dari dalam kereta, pengunjung juga bisa melihat-lihat kawasan sekitar candi. Pengunjung yang menyewa jasa kereta mini ini akan diantarkan tepat di mulut candi dan tidak diperkenankan turun di sembarang tempat.

Sayangnya, saat selesai menikmati candi Borobudur tak ada kereta mini yang dapat disewa untuk kembali ke pintu keluar kawasan. Disarankan saaat selesai turun dari tangga keluar candi Borobudur, lebih baik berjalan kaki saja. Banyak tempat yang bisa dikunjungi setelahnya. Mulai dari Museum Samudera Raksa hingga Museum Karmawibhangga. Di sepanjang tepi jalan juga banyak penjaja suvenir yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat.

Sewa Andong. Alternatif lain adalah menyewa andong. Banyak penjaja jasa ini berkeliling untuk menawarkan jasanya. Dengan andong, pengunjung bisa berkeliling kawasan candi atau minta diantarkan hingga tangga masuk candi Borobudur. Biasanya andong disewa oleh keluarga. Tarifnya Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Sewa Sepeda. Bila ingin sedikit mengeluarkan tenaga untuk menikmati pemandangan di sekeliling candi, maka sewa sepeda. Penjaja sewa sepeda akan menawarkan di dekat pintu masuk. Menikmati udara yang segar dengan jalan yang panjang menggunakan sepeda merupakan alternatif menyenangkan.

Ada beberapa jenis sepeda yang bisa disewa di area ini. Mulai dari onthel hingga sepeda tandem dapat disewa dengan mengeluarkan kocek Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Naik Gajah. Hewan dengan belalai panjang ini dapat pula menjadi alternatif menikmati keindahan Candi Borobudur. Untuk menunggang gajah, pengunjung harus berjalan sedikit menuju kandang gajah. Ada lima gajah yang dapat menemani berkeliling dengan tarif R 50.000 setiap harinya kecuali Jumat.

 Untuk SAFARI GAJAH DI BROBUDUR

gjUntuk bersafari menunggang gajah di alam terbuka Anda tak harus pergi jauh ke Thailand, India, maupun Afrika. Cukup datang ke Borobudur dan nikmati sensasi jelajah desa sambil menunggang gajah ala raja-raja.

Kunjungan ke Candi Borobudur terasa kurang sempurna jika tidak dilanjutkan dengan mengelilingi kawasan perdesaan yang ada di sekitar candi. Desa-desa unik dan menarik seperti Dusun Klipoh dan Dusun Jowahan telah menanti dengan beragam pesonanya. Tak hanya itu, alam perdesaan yang asri dengan pemandangan utama sawah yang terbentang luas berpadu dengan sungai, ladang, dan perbukitan seolah-olah memanggil siapa saja untuk menjelajahinya. Beragam cara dapat ditempuh untuk menjelajahi kawasan tersebut mulai dari jalan kaki, naik andong, atau naik ojek. Tapi jika ingin petualangan yang lebih menantang, safari menunggang gajah adalah pilihan yang terbaik.

Sumber : wikipedia dan yogyes

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja