Sep 16

Embung Nglanggeran & Gunung Api Purba

Embung Nglanggeran & Gunung Api Purba

Embung Nglanggeran, Surga Kecil di Atap Langit Yogyakarta

embung-nglanggeran-2-jogjacityparadiseSatu lagi obyek wisata alam yang eksotik di gunung kidul yang di predikasi akan menjadi wisata favorit setelh Goa pindul dan pantai idrayanti yaitu Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Baru baru ini kaasan wisata ini sudah dibangun embung tau danau buatan yan selain sebagai oyek wisata fungsinya adalah sebagai pengairan persawahan dan perkebunan di sekitarnya. Embung Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran mempunyai luas 70×70 m2, akan digunakan sebagai pengairan kebun buah seluas 20 Hektar dengan tanaman buah durian dan kelengkeng.

Embung Nglanggeran, tempat wisata yang belum lama dibuka ini berada di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Area wisata yang menjadi salah satu primadona baru wilayah Wonosari ini menyimpan banyak kejutan yang mungkin tidak pernah datang dua kali. Dibuka dan diresmikan pada 19 Februari 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono X, tempat ini sebenarnya bernama resmi “Kebun Buah Nglanggeran” karena diproyeksikan sebagai kebun buah. Durian, kelengkeng, rambutan adalah sebagian jenis buah yang rencananya akan dikembangkan di area ini. Namun keberadaan kolam air raksasa di puncaknya membuat nama Embung Nglanggeran lebih dikenal. Petunjuk arah menuju tempat ini pun menggunakan nama Embung Nglanggeran dibanding nama sebenarnya.

Berada di dataran yang lebih tinggi di bandingkan wilayah sekitarnya. Embung Nglanggeran ini indah dinikmati ketika sunset tiba. Pengunjung tak perlu ragu lagi mengenai hal itu.

Gunung Api Purba

gunug api purbaGunung Nglanggeran adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari karst atau kapur. Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Saat ini Gunung Nglanggeran berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.

Perjalanan Menuju Puncak Nglanggeran

Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit. Dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam, wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu. Apabila berangkat sore, wisatawan dapat menyaksikan matahari yang terbenam.Selain itu, pengunjung juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek.Ada papan petunjuk yang membuat wisatawan tidak mudah tersesat.

Sumber : Mbah google, yogyes, blog dan kawan2nya

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja