Okt 13

GOA TANDING

GOA TANDING, Objek Wisata Baru di Jogja

goa-tanding-mas-joKini adalagi objek wisata yang baru saja Soft opening yaitu, Wisata Alam Goa Tanding pada hari Kamis, 7 July 2016 . Goa Tanding ini lokasinya berada di dekat Goa Pindul yang sudah terlebih dahulu terkenal. Mendengar namanya saja orang akan terbersit Goa Tanding ini sepertinya di buat untuk menandingi Gua Pindul sesuai dengan namanya “Tanding” karena kita tau sendiri Goa Pindul ini begitu ramai pengunjung, terkenal dan menjadi penyedot wisatawan kedua setelah jejeran pantai yang mempesona di Gunung Kidul. Namun setelah di telusuri ternyata “Tanding” ini bukan pertandingan atau menandingi Goa Pindul walaupun letaknya berdekatan.

img-20161009-wa0005Asal muasal nama Goa Tanding ini ketika ada warga masyarakat Bejiharjo yang ingin membuat sumur air yang bernama Harto Tanding lama kelamaan menggali sumur namun tak kunjung mendapat air yang keluar dan niat mbah Harto Tanding ini ingin menggali semakin dalam Al hasil ketika linggis alat untuk menggali sumur mbah Harto Tanding ini menembus rongga yang berada di perut bumi, dan secara tidak sengaja Goa ini di temukan oleh Mbah Harto bersama keluarganya, mulanya Goa Tanding ini tidak ada akses keluar masuk kecuali melewati sumur mbah Harto. Karena situasi gua di dalam tanah ini cukup luas dan melebihi goa Pindul yang sudah lama terkenal akhirnya gua ini di namakan “Gua Tanding” nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan jalan pertama kali menuju goa bawah tanah ini.

img-20161009-wa0008Setelah di lakukan penelitian, pemetaan dan juga penggalian lagi Goa Tanding ini memang layak untuk di jadi kan tempat wisata baru yang sejenis dengan goa Pindul, bahkan Goa Tanding ini lebih luas dan lebih panjang dari pada Goa Pindul, jalan masuknya sebelumnya hanya melalui sumur mbah Harto kini sudah di bangun pintu masuk ke Gua Tanding ini sehingga untuk memudahkan akses menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah. Sebelumnya Goa Tanding ini hanya gelap gulita dan kurangnya sirkulasi udara namun sekarang sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain tidak jauhnya Goa Tanding ini dari Goa Pindul kedepannya Goa ini akan menjadi wisata alternatif baru ketika Goa Pindul membludak pengunjung yang belakangan ini dari satu hari pengunjung Pindul mencapai puluhan ribu wisatawan ketika libur panjang tiba.

img-20161009-wa0002Goa Tanding ini sebenarnya masih satu aliran sungai bawah tanah dengan Goa Pindul namun kalau di Goa Pindul hanya bisa di lakukan dengan cave tubing (menyusuri sungai dengan ban dalam) sedangkan untuk di Goa Tanding sendiri bisa memakai perahu karet dan bisa di naiki secara berkelompok. Goa Tanding ini mempunyai kedalaman air mencapai 4 meter dan tinggi dari permukaan air sampai atap goa mencapai 5 meter sampai 16 meter, sedangkan lebar gua sendiri kurang lebih 4 meter hingga 9 meter sesuai dengan kontur goa dan sangat bervariasi, Goa Tanding ini memiliki panjang atau jarak susur hingga 460 meter. Objek Wisata Goa Tanding ini bisa anda nikmati dan masukkan ke dalam trip liburan anda bersama kami, Mas Jo.


Sumber : Eyang Google, Yogyes dan Survei Langsung