Apr 27

Kali Biru – Waduk Sermo

Kalibiru

Menikmati pemadangan alam merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan apabila kita sedang jenuh dengan suasana keramaian, kemacetan ataupun ketika kita sedang jenuh. Salah satu dari begitu banyaknya tempat wisata alam yang cukup menarik dan dapat kita jumpai di Yogyakarta (Jogja) adalah Desa Wisata Kalibiru.

kalibiruBanyak yang beranggapan bawah Kalibiru ini adalah tempat wisata yang terdapat pemandangan atau wisata sungai yang berwarna biru. Namun anggapan tersebut adalah salah, karena Kalibiru yang terletak di Jogja ini merupakan nama suatu tempat wisata alam yang tepatnya berada di Hargowilis, yang berada di Kokap, di daerah Kulon Progo. Tempat ini menyajikan pemandangan dengan nuansa bukit atau pegunungan yang hijau.

Desa di Pegunungan Menoreh yang menjadi pagar sisi barat Yogyakarta  inilah pada 200 tahun silam Pangeran Diponegoro bersama pasukannya pernah berjuang melawan Belanda, sebelum akhirnya ditipu dan kemudian dibuang ke Sulawesi hingga akhir hayat. Kalibiru menjadi sebuah desa yang terkenal karena ekoturismenya. Hal itu tidak begitu saja terjadi, perlu berpuluh tahun mengembalikan keelokan Kalibiru yang sebelumnya sempat tandus karena aksi pembalakan hutan. Kini, berkat usaha penduduk menghutankan desa, wisata Kalibiru dapat menggerakkan perekonomian dan menjadi sumber penghidupan warga. Begitulah antara alam dan manusia, saling menghidupi.

wisata-alam-kalibiru-1Waktu paling tepat untuk datang ke Kalibiru adalah sore hari, saat matahari mulai ramah dan suasana menjadi sedikit melankolis. Di sini ada sebuah pohon pinus yang terletak di pinggir jurang, dari pohon inilah kita bisa bebas lepas memandang moleknya pegunungan menoreh. Maka, jangan ragu untuk meniti tangga gantung yang telah tersedia, duduklah dengan tenang di papan kayu yang telah terpasang, hiruplah segar udara pegunungan, hembuskan perlahan sambil menutup mata. Nikmati setiap detik yang merangkak karena waktu akan terasa sangat lambat berjalan. Sejenak lupakanlah kota, tinggalkan pikiran-pikiran tentang tugas yang menumpuk, nikmatilah pemandangan yang ada.

Waduk Sermo

Salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta adalah Waduk Sermo. Waduk yang terletak di Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 6 km dari Kota Wates ke arah barat. Perjalanan ke Waduk Sermo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Perjalanan ke lokasi yang menanjak dan berkelok-kelok tentu akan menambah suasana petualangan di alam semakin terasa.

waduk sermo 2Lokasinya yang menghampar luas, hawa udaranya yang sejuk, serta keasrian dari deretan pepohonan liar yang masih terjaga membuat kawasan Waduk Sermo sebagai salah satu tujuan wisata alam yang tidak akan membosankan bagi siapa saja yang mencintai alam. Tak jarang di waduk ini akan kita temukan sejumlah orang yang tengah asik dengan perburuan memancing ikan. Memang Waduk Sermo terkenal dengan kawanan ikan nila, tetapi ada juga jenis ikan lain yang menghuni Waduk Sermo. Memancing di Waduk Sermo tidak dikenakan biaya alias gratis. Tetapi ada tempat-tempat tertentu di waduk ini yang dilarang sebagai tempat memancing karena berbahaya.

waduk sermoAnda dapat berwisata di Waduk Sermo dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau berkendaraan melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km atau bersantai saja di bibir Waduk sambil menikmati hembusan angin yang menyejukkan.

Waduk ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996 dengan membendung Sungai Ngrancah. Sejak saat itu Waduk Sermo menjadi sumber air utama bagi pertanian di daerah sekitarnya. Luas genangan air Waduk Sermo menurut Pemkab Kulon Progo adalah kurang lebih 157 Ha dengan kondisi air yang masih jernih serta bentuknya berkelok-kelok. Waduk ini dapat menampung air 25 juta meter kubik dan dibangun selama dua tahun delapan bulan.

Sumber : Mbah Google, gudeg net dan ponakannya para bloger…

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja