Nov 03

Karst Tubing Sedayu

Karst Tubing Sedayu

Karst Tubing Masjo

Salah satu tempat wisata baru yang menjadi rujukan wisata di Yogyakarta adalah Karst Tubing. Obyek wisata susur sungai ini baru dibuka 5 Juni 2016 lalu. Lokasinya di Jalan Wates Km 9 Surobayan, Sedayu, Bantul.

Karst Tubing mungkin masih asing ditelinga. Tapi untuk istilah Tubing sendiri pasti sudah sangat familiar kan? Tapi kali ini bukan wisata Gunung kidul seperti Cave Tubing di Goa Pindul atau Kali Suciyang sudah populer, tapi wisata petualangan baru yang berada di Bantul Yogyakarta. Sebenarnya memang di Karst Tubing Sedayu ini menawarkan kegiatan yang sama seperti di kedua tempat tersebut, hanya saya dengan suasana alam dan bebatuan yang berbeda tentunya.

karst-tubing-yogyakartaDiberi nama Karst Tubing karena memang batu yang ada disini adalah jenis batu karst yang berasal dari lahar dingir yang sudah membeku. Namun jangan khawatir karena batu ini tidak berbahaya karena kalaupun menabraknya tidak akan sakit dan mudah pecah ketika dihentak dengan keras. Lalu bagaimana dengan suasana alam ketika melakukan susur sungai di Karst Tubing Sedayu ini? Yang pasti akan berbeda dengan yang ada di Gunungkidul, jadi kamu akan mendapatkan sensasi baru ketika berada disini.

Cave Tubing baru di JogjaKarst Tubing menawarkan wisata menyelusuri Sungai Konteng menggunakan ban sejauh 1 kilometer. Wisata ini dinamai Karst Tubing karena batuan di sepanjang sungai yang dilewati batuannya jenis karst. Selama menyelusuri sungai dengan ban ini, pengunjung akan disuguhkan tiga titik destinasi tertentu. Pada tiap spot atau pemberhentian pengunjung akan dijelaskan tentang kondisi sungai. Selain itu, juga akan diisi permainan membentuk lingkaran dan melompat dari tebing setinggi hanya dua meter saja.

Setiap pengunjung sudah diberi kelengkapan keamanannya selama menyusuri sungai. Saat menyusuri sungai harus memakai peralatan safety seperti helm rompi, sepatu. Selain itu pengunjung juga ditemani dua hingga pemandu. Selain aman untuk anak kecil, jaraknya pun tak jauh. Pengunjung yang masih kecil akan mendapat penjagaan khusus dari pemandu.

Yuk rencanakan liburan anda di Karst Tubing  bersama kami Mas-Jo… 🙂

Sumber : Mbah Google & teman seperjuangan