Sep 15

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

kratonMerupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Keraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di tempat ini Anda dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia.

Mengunjungi Kraton Yogyakarta akan memberikan pengalaman yang berharga sekaligus mengesankan. Kraton yang menjadi pusat dari garis imajiner yang menghubungakn Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi.

Jam Buka: 08.00 – 14.00 WIB
Jadwal pertunjukan harian di kraton
•    Senin – Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 WIB)
•    Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 WIB)
•    Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 WIB)
•    Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 WIB)
•    Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 WIB)
•    Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 WIB)

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja