Kaliurang – Lava Tour

Kaliurang

kaliuarang2Dahulu kala, Kaliurang adalah salah satu tempat tujuan peristirahatan para nyonya dan meneer Belanda. Di masa kini, infrastruktur dan fasilitas publik di kawasan Kaliurang terjaga sedemikian baik dan semakin lengkap serta menjadi salah satu objek wisata andalah Sleman di Jogjakarta.

Kaliurang terletak didaerah dataran tinggi banyak resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri.

Beberapa spot objek wisata yang di dapatkan di kaliurang, Seperti :

Tlogo Putri

Tlogo PutriTerletak di kaki bukit Plawangan Turgo, Tlogo Putri adalah perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang. Pesona wisata Kaliurang yang satu ini terdapat pada alamnya yang tenang, sejuk, menyegarkan. Sebuah danau (tlogo) kecil adalah tempat Anda dan anak-anak dapat bermain kano atau becak air. Di sana, Anda dapat bermain flying fox jika suka, atau hanya sekedar berfoto-foto dan menikmati panorama alam sekitar.

Gardu Pandang

Gardu PandangInilah pos pengamatan Gunung Merapi dan saat ini menjadi salah satu tempat menarik di Kaliurang. Di Gardu Pandang, Anda dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas meskipun ada kalanya gunung tersebut akan tertutup awan dan hal ini biasanya terjadi kala sore hari. Terletak di tepi kali Boyong, dari Gardu Pandang ini Anda dapat dapat menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang yang begitu asri. Memang, Gardu Pandang di Kaliurang ini tidaklah sebesar yang ada di Ketep Pass Magelang.

Museum Vulkanik Merapi

Inilah salah satu tempat terbaik di Kaliurang untuk mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini Anda dapat mengetahu asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi. Tidak hanya itu, Anda dapat mengetahui banyak hal tentang mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersebut.  Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

Goa Jepang

Goa Jepanggoa di Kaliurang peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil. Anda harus melakukan trekking selama kurang lebih 45 menit untuk dapat tiba di goa ini. Satu hal lagi, Anda dapat menyaksikan panorama indah Gunung Merapi dari dekat tatkala melakukan perjalanan ke Nirmolo Kaliurang ini.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Suguhan panorama alam yang lain dan begitu indah, Anda dapat pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda yang menyukai olahraga lintas alam. Spot wisata Kaliurang yang satu memiliki hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, gunung berapi yang berusia mencapai 40.000 tahun.

Dari tempat ini pula Anda dapat menyaksikan area atau kawasan yang pernah diterpa awan panas Merapi pada bulan November 1994 silam. Juga, Anda dapat menyaksikan kawanan monyet yang juga hidup di taman ini.

Taman Bermain Anak-anak

Taman-Bermain-Anak-anak-di-KaliurangTiada yang menyenangkan selain bermain bagi anak-anak Anda. Wisata Kaliurang menghadirkan sebuah kawasan taman bermain seluas 1 hektar bagi putra-putri Anda. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana.

Lava Tour Merapi

Apa itu lava tour merapi?

Lava tour merapi merupakan wisata petualangan alam yang menjadi favorit di Jogjakarta. Diawali dengan letusan gunung merapi pada 2010 yang menyebabkan sedikitnya 165 orang termasuk Mbah Maridjan sebagai juru kunci, menjadikan kawasan merapi menjadi wilayah yang memiliki nilai sejarah tersendiri bagi warga Jogja dan sekitarnya.

IMG-20140814-WA010Satu tahun kemudian, dengan dimulainya proses renovasi dan relokasi, maka pemerintah DIY dan masyarakat setempat melakukan pembenahan untuk menjadikan kawasan merapi menjadi lebih memiliki nilai ekonomis, yaitu dengan mengembangkan potensi wisata lava tour.

Inilah salah satu perjalanan paket wisata yang akan membawa anda untuk menikmati keindahan merapi serta kota yogyakarta dan sekitarnya dengan jeep wisata menyusuri area-area yang terkena erupsi merapi tahun 2010.

Bencana membawa berkah, itulah kata yang tepat untuk melukiskan hal ini. Ternyata Tuhan memiliki rencana untuk memberikan kenikmatan yang tiada tara setelah letusan  Merapi November 2010 silam. Yaitu wisata alam Lava Tour

Dengan menggunakan Jeep, mulai durasi 2 jam anda akan di ajak menyaksikan bekas amukan sang Merapi. Muntahan lahar panas sang Merapi yang meluluh lantahkan Kinahrejo beserta 25 dusun lainnya. Di Kinahrejo inilah mendiang Mbah Maridjan tinggal. DAn saat ini daerah tersebut tidak lagi ditinggali penduduk dengan alasan keamanan.

Selain menikmati indahnya puncak Merapi, banyak panorama lain yang bisa dilihat, lautan pasir dan batu, reruntuhan rumah yang tersapu awan panas tampak di kanan dan kiri jalan.

Di pintu masuk Kinahrejo kita bisa melihat foto-foto saat terjadinya erupsi hingga pasca erupsi,  ke atas sedikit kita bisa melihat lokasi bekas rumah Mbah Maridjan yang sudah rata dengan pasir,  Masjid Al-Amin yang selamat dari terjangan awan panas.

Ke Kaliurang jangan lupa nyicip kuliner ini yah… 🙂

teh poci, ampyang, wajik, jadah tempeJadah Tempe

sumber travel.kompas, detik, yogyatrip

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja