Apr 21

Museum Monjali & Taman Lampion

Ada Apa di Museum Monjali dan Taman Lampion?

Museum Monjali

Museum Monumen Yogya Kembali, adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang berada di bagian utara kota ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.

monjali 4 Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

monjaliMonumen Jogja kembali merupakan tempat wisata dengan nuansa edukasi dan heroik. Heroik karena di sana bisa ditemukan benda bersejarah seperti dokar dan tandu Jendral Soedirman, jas Sultan Hamengku Buwono IX,hingga diorama dapur umum para pejuang.Sisi edukasinya sangat cocok untuk mengenalkan langsung para pelajar dalam mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan terdahulu. Dengan ini, mereka akan merasa malu jika kelak menjadi koruptor, pengemplang pajak, tidak taat beribadah, dan berbagai perilaku merusak negara lainnya.

monjali 3Selama ini perjuangan bangsa hanya bisa didengar melalui guru-guru sejarah di sekolah, atau cerita seorang kakek pada cucunya. Monumen Yogya Kembali memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana kemerdekaan itu tercapai. Melihat berbagai diorama, relief yang terukir atau koleksi pakaian hingga senjata yang pernah dipakai oleh para pejuang kemerdekaan. Satu tempat yang akan memuaskan segala keingin tahuan tentang perjalanan Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan

Monumen ini dibuka setiap hari Selasa – Minggu pada jam 08.00 – 16.00 WIB tetapi pada masa liburan sekolah monumen ini juga tetap buka pada hari Senin seperti hari biasa. Tempat ini layak untuk dijadikan tempat kunjungan wisata anda bersama keluarga.

Pada 17 Desember 2011 Monumen Yogya Kembali melakukan kerja sama dengan investor untuk menambah wisata baru  di Jogya khususnya pada malam hari. Yang kini di namakan Taman Pelangi / Lampion.

Taman Lampion

taman lampionTaman Pelangi, begitulah nama untuk taman yang ada di pelataran Monumen Jogja Kembali ini. Didesain mengelilingi taman, bermacam bentuk dan warna lampion menghiasi pelataran. Ada dua sisi pintu masuk, barat dan timur.

Memasuki taman, kita akan melewati sebuah rute yang dipenuhi lampion aneka bentuk dan warna mulai dari flora, fauna, tokoh-tokoh kartun Jepang dan Disney, bahkan wajah-wajah para pemimpin republik ini, yang juga terbuat dari lampion. Penataannya pun bervariasi, ada yang seperti ditanam di dalam tanah, menempel di dinding, bergantungan, atau berbaris seperti prajurit berjajar rapi.

taman pelangiSambil menikmati malam yang penuh warna, kita juga bisa mencoba bemacam wahana mulai dari trampolin, becak mini, perahu dayung, bola air, speed boat, bom bom car, dan lain sebagainya. Dilihat dari atas, komplek Monumen Jogja Kembali ini tampak seperti mandala dengan 4 bagian kolam yang mengelilinginya. Nah, di kolam-kolam inilah kita bisa menikmati wahana air yang tersedia.

Taman lampion2Taman Pelangi Monjali boleh dibilang tempat rekreasi yang cukup lengkap. Selain menawarkan romantisme malam bertabur lampion warna-warni dan bermacam wahana permainan, di sini juga ada food court yang bisa menjadi tempat melepas lelah sambil mengisi perut. Nah, bingung mau berwisata malam yang menyenangkan di Jogja? Ke Taman Pelangi saja.

Berikut list harga wahana yang tersedia dalan taman pelangi :

  • Boom Boom Car   : 10.000
  • ATV                         : 15.000
  • Bola Air                  : 15.000
  • Perahu Dayung   : 20.000
  • Batery Car            : 10.000
  • Auro Bungee        : 20.000
  • Trampolin             : 10.000
  • Junior Jet              : 10.000
  • Puri Hantu            : 10.000
  • Speed Boat             : 10.000
  • Helicak                   : 20.000
  • Tandem                 : 15.000
  • Safari Train          : 10.000
  • Becak Mini            : 10.000

Taman Pelangi Buka
Hari Senin- Kamis dari Pukul 17.00 s/d 22.00
Hari Jum’at – Minggu dari Pukul 17.00 s/d 23.00

Sumber : Mbah Google dan sahabat tersayangnya serta Kunjungan langsung.

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja