Apr 25

Pantai Goa Cemara, PandanSari dan Kuwaru

Pantai Goa Cemara

yogyakarta-pantai-goa-cemara Pantai Goa Cemara berlokasi di dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar satu kilometer di sebelah timur Pantai Kuwaru atau sekitar 30 km di selatan pusat kota Jogja. Nama Pantai Goa Cemara ini mungkin masih terasa asing bagi pelancong yang berasal dari luar kota Yogyakarta. Seperti namanya, Goa Cemara yang dimaksud di sini adalah adalah rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk payung, dimana di bawahnya membentuk lubang mirip sebuah goa.

Jajaran pohon cemara yang lebat dan eksotis inilah yang menunjukkan ciri khas pantai ini. Pemandangan hutan cemara yang asri, membuat orang yang pernah mengunjungi pantai ini menganggap Pantai Goa Cemara sebagai pantai yang alami dan masih perawan. Untuk menuju ke area hutan cemara ini, pengunjung harus melewati gundukan pasir terlebih dahulu. Di dalam hutan inilah para pengunjung biasanya menggelar tikar dan menikmati bekal sambil merasakan suasana piknik yang nyaman dan rindang.

goa-cemara-yogyaSeperti halnya pantai-pantai di daerah Bantul lainnya, pantai ini mempunyai pasir berwarna hitam dan berombak besar. Akan tetapi, di pantai ini tidak begitu banyak dijumpai warung makan dan wahana seperti di Pantai Kuwaru. Bangunan yang ada di kawasan pantai ini hanyalah bangunan semi permanen yang dibangun penduduk untuk berjualan. Hal ini menjadikan pantai yang banyak ditumbuhi pohon cemara udang lebat ini terlihat sepi dan damai. Di sekitar pantai ini juga banyak dijumpai tanaman jenis ubi jalar, seperti ubi biru, ubi kuning (madu), dan ubi putih.

Pantai Pandansari

13612509411497633493-750x500 Pantai Pandansari Pantai Pandansari merupakan pantai yang terletak di dusun Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Pantai ini juga disebut sebagai Pantai Patehan. Pantai ini tepatnya terletak di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansimo. Perjalanan menuju ke pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 30 sampai 45 menit dari pusat kota Jogja.

 Ciri khas pantai ini yaitu terdapatnya sebuah mercusuar setinggi 50 meter yang berdiri tidak jauh dari bibir pantai. Pantai ini lebih dikenal sebagai wisata pantai alternative bagi wisatawan. Pantai ini seringkali dikunjungi warga sekitar untuk melakukan kegiatan senam pagi. Selain itu, di kawasan pantai ini akan banyak kita jumpai perkebunan buah naga merah.

mercusuar_pantai_pandansariKeadaan geografis pantai ini memiliki area kontur yang tidak terlalu curam. Pasir hitam, berombak besar, banyak ikan, dan pemandangan yang cukup eksotis, menjadi tipikal pantai ini seperti halnya pantai-pantai di daerah Bantul lainnya. Tidak banyak pedagang yang berjualan di sekitar pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai ini pun tidak begitu lengkap seperti di kebanyakan pantai. Hanya ada beberapa bangunan semi permanen yang menjual makanan seadanya. Lahan parkir juga tidak begitu luas, karena akses untuk menuju ke pantai ini harus melewati jalanan sempit tetapi beraspal. Biasanya wisatawan lebih banyak berkunjung dengan kendaraan berupa motor atau mobil pribadi.

Di pantai ini anda dapat menikmati deburan ombak pantai selatan dari bibir pantai. Namun perlu diingat bahwa bermain air / mandi di pantai ini berbahaya, karena ombak yang tinggi khas pantai selatan juga berlaku di pantai ini. Terdapat juga hutan cemara udang di pinggiran pantai yang berfungsi sebagai penahan agar pasir tidak tergerus erosi parah, membuat pantai ini tampak hijau dan menawan. Jika anda berminat untuk mencari buah tangan, di pantai ini juga terdapat perkebunan Buah Naga yang dapat anda jadikan buah tangan, anda juga dapat memetik sendiri langsung dari pohon.

14126522812114516661Ciri khas dari Pantai Pandansari adalah adanya mercusuar yang menjulang tinggi tepat berada di tepi pantai. Anda dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian dengan cara naik ke mercusuar yang ada di sebelah utara pantai. Dari mercusuar setinggi 40 meter ini, anda dapat melihat dengan lebih jelas bentangan laut nan biru di sebelah selatan, hijaunya hutan cemara udang di sebelah Barat dan Utara, serta kebun buah naga di sebelah Timur. Bagi anda yang takut ketinggian namun penasaran, anda tidak perlu khawatir, karena mercusuar ini terdiri dari beberapa lantai yang dapat anda lihat sesuai “kekuatan anda”.

Pantai Kuwaru

  4814570398_1fb2f09b51Pantai Kuwaru merupakan pantai yang terletak di Dusun Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY. Pantai ini termasuk salah satu pantai di daerah Bantul yang banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang cocok untuk berwisata dan area parkir yang luas. Pengunjungnya pun beragam, dari wisatawan lokal, maupun interlokal. Pantai ini memiliki jenis pasir berwarna hitam, ombak cukup besar, banyak terdapat ikan, serta pemandangan yang bagus.

Ciri khas Pantai Kuwaru adalah deretan rimbun pohon cemara udang di sepanjang pantai. Suasana seperti ini membuat pantai ini sangat sejuk dan tidak terasa panas, berbeda dengan suasana pantai-pantai yang lain. Sambil menikmati es kelapa muda dan ikan bakar, maka liburan Anda akan terasa lengkap di Pantai Kuwaru.

DSC03066-1Area yang cukup lapang di kawasan pantai ini, membuat pengelola pantai ini menyediakan persewaan kendaraan ATV sebagai kendaraan untuk menyusuri pantai. Kita dapat menikmati track ATV yang sudah cukup panjang dan luas sembari menikmati indahnya offroad di hamparan hutan cemara yang rindang. Untuk harga sewa ATV sendiri kita cukup membayar Rp 25.0000,00 per 15 menit dengan kapasitas penumpang maksimal per ATV untuk dua orang dewasa dan satu anak kecil.

Pantai ini memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi, mushalla, dan kolam renang. Khusus untuk kolam renang, dibuka dari pagi hingga sore hari. Biasanya banyak dipakai oleh pengunjung yang membawa anak-anak kecil. Tarif yang dipasang pun cukup murah, cukup membayar Rp 5.000 rupiah, kita dapat menikmati kolam renang sepuasnya. Berbagai macam wahana sebagai tempat bermain anak-anak juga tersedia di sini, seperti seluncuran, semprotan air, guyuran air, dan tutup karawang.

Selain keindahan pantai, pengunjung juga bisa menikmati rindangnya pohon serta kuliner laut. Banyak warung makan yang menjual kuliner ikan laut dengan berbagai jenis bumbu. Kita bisa menikmati ikan dalam rasa asam manis, goreng tepug, saus tiram, ikan bakar, lombok ijo, balado, dan lain-lain. Jika Anda ingin membeli ikan laut yang masih segar, tak ada salahnya Anda mencoba membeli ikan di tempat pelelangan ikan yang ada di kawasan Pantai Kuwaru.

pantai-kuwaru-bantul-yogyakartaWisatawan tidak perlu khawatir untuk membeli buah tangan khas Jogja, karena aneka jenis cinderamata khas Jogja banyak dijual di warung-warung cinderamata kawasan pantai ini. Rasanya pantai ini sangat tepat dijadikan referensi wisata alam yang menggiurkan jika Anda mengunjungi Kota Bantul.

Sebagai informasi, saat ini Pantai Kuwaru masih dalam tahap pengembangan dan belum digarap secara maksimal sebagai aset utama Pemkab Bantul. Rencananya di kawasan Pantai Kuwaru akan dibangun dermaga pelabuhan ikan yang terintegrasi. Namun, hingga saat ini masih menunggu investor yang bersedia mengembangkan rencana tersebut.

Pantai Kuwaru memiliki wahana wisata yang terbagi menjadi dua :

Wahana Tetap (wahana yang ada pada hari biasa)
Kolam Renang  @Rp. 5000/orang
ATV motor  @Rp. 25000/15menit
Motor trail  @Rp. 25000/15menit
Kereta Mini  @Rp. 5000/orang
Mandi bola  @Rp. 5000/orang

Wahana Tidak Tetap (wahana yang hanya ada saat liburan)
Komidi Putar  @Rp. 5000/orang
Biang Lala  @Rp. 5000/orang
Rumah Balon  @Rp. 5000/orang

Sumber : Mbah google, ragam tempat wisata, media jogja dan adik kesayangannya pada blogger

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja