Sep 15

Pantai Parangtritis – Gumuk Pasir – Pantai Depok

Pesona Wisata Parangtritis Yogyakarta

Parangtritis menurut legenda berasal dari kisah sebagai berikut. Ada seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di kawasan ini. Ketika sedang bersemedi, ia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang). Kemudian ia memberi nama daerah tersebut Parangtritis yang berarti air yang menetes dari batu. Pantai Parangtritis diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Keraton Jogja, dan Pantai Parangtritis itu sendiri.

Parangtritis (2)Parangtritis merupakan pantai paling populer di Yogyakarta. Ada dua hal yang membuat Parangtritis ramai dibicarakan: pemandangan matahari terbenamnya yang romantis di kala senja dan mitos Nyai Rara Kidul. Banyak orang percaya Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Nyai Rara Kidul yang menguasai laut selatan. Selain itu Parangtritis juga dikenal dengan ombak besar dan  bukit-bukit pasirnya, atau biasa disebut gumuk. Pada musim kemarau biasanya angin bertiup lebih kencang, dan ombaknya rata-rata  setinggi dua sampai tiga meter.

Kondisi Pantai

Pantai Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Karena kebuasan ombaknya, pengunjung Parangtritis tidak direkomendasikan untuk berenang. Namun di pinggir pantai tersedia fasilitas pemandian umum. Diantaranya adalah pemandian Parang Wedang yang airnya konon dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Ini karena air di pemandian tersebut mengandung belerang.

Kuatnya mitos Nyai Rara Kidul juga menciptakan eksotisme tersendiri di Parangtritis. Upacara-upacara seringkali digelar untuk menghormati Nyai Rara Kidul. Oleh Kraton Yogyakarta, Parangtritis dijadikan tempat upacara Labuhan. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para nelayan setempat dan pengunjung melakukan upacara ritual di Parangtritis. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncaknya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua sampai tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Lokasi Lain yang juga sering di kunjungi di sekitar pantai parangtritis, adalah gumuk pasir

Jalan-jalan ke gumuk pasir di Yogyakarta ibarat berkunjung ke gurun sahara Timur Tengah. Hamparan pasir yang luas di selatan Provinsi DIY merupakan fenomena alam unik dan satu-satunya di Asia Tenggara. Kawasan gumuk pasir dapat ditempuh dari kota Yogyakarta dengan waktu + 30 menit kearah selatan dan tidak jauh dari objek wisata pantai Parangtritis.

Gumuk pasir yang terbentuk di antara pantai Parang Kusumo sampai Pantai Depok ini pada umumnya disusun atas material pasir hitam gunung Merapi yang terbawa oleh aliran sungai Oyo dan Opak yang kemudian diendapkan dimuara sungai. Besarnya angin di pesisir selatan Yogyakarta membuat material pasir terdeflasi dalam bentuk saltasi atau rayapan pasir. Adanya hambatan yang berupa vegetasi ataupun topografi penghalang akan menyebabkan material mengendap sehingga terbentuk gumuk pasir. Gumuk pasir yang paling fenomenal di Yogyakarta adalah tipe barchan yang menyerupai bulan sabit.

Tidak heran jika kawasan ini menjadi lokasi favorit untuk fotografi, pembuatan video klip sampai film. Seperti video klip Agnes Monica (Godai Aku Lagi) dan Letto (Memiliki Kehilangan) serta film pasir berbisik merupakan salah satu yang mengambil setting di kawasan ini.

Pantai Depok

Setelah lelah berwisata di Parangtritis anda tentu lapar bukan? Atau mungkin anda memang dari rumah sudah berniat mencari makanan ikan laut? Nah, kelihatannya di pantai Pepok adalah jawaban yang tepat. Selain sebagi tempat wisata pantai, kini pantai Depok lebioh kondang dengan cita rasa wisata kuliner ikan laut.

Berbagai macam jenis ikan laut tersedia disini, ada  ikan cakalang,  kakap putih dan kakap merah bawal, kepiting, udang, ikan pari, kerapu, cucut, ikan layur, dan cumi-cumi, bahkan ikan hiu juga ada.

Makan sambil menikmati ombak

Salah satu keunikan pantai Depok adalah banyaknya warung makan yang sengaja dibuat menghadap ke laut. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung menikmati makanan sambil menghargai berkah Tuhan berupa lautan yang luas dan indahnya ombak. Warung-warung ini terlihat sederhana dan bersih. Para pemiliknyapun sangat sopan dan ramah.

Pesona Wisata pantai Depok:

1.    Makan sambil menikmati sunset di Pantai Depok
2.    Ombak  (hati-hati ombaknya termasuk ganas seperti Parangtritis)
3.    Oleh-oleh: peyek udang, Udang goreng, Bayam, Bawang Merah/brambang dll,
4.  Mengendarai APV, bermain menara pasir atau berbelanja ikan langsung dari kapal nelayan yang baru berlabuh mencari ikan.
5.    Sering ada kegiatan Paralayang dan Aerodinamika
6.    Tidak disarankan berenang di pantai ini.
Pantangan

Di pantai Depok ini ada pantangan bagi nelayan untuk melaut pada hari yang dianggap keramat, yaitu Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon dan Berenang

Sumber : Mbah Google

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja