Apr 28

Snorkling @Pantai Gunung Kidul

Snorkling @Pantai Gunung Kidul

Salah satu pantai yang menjadi idola baru bagi wisatawan untuk snorkling, yaitu pantai Sadranan dan Pantai Ngandong. Pantai sadranan terletak di kecamatan Tepus atau bersebelahan dengan pantai Sundak. Istimewanya, di pantai ini pengunjung tidak hanya di suguhkan dengan panorama alam pantai yang masih bersih dan sejuk.

Sadranan SnorklingPantai sadranan adalah surga baru bagi para pecinta snorkeling. Di pantai ini terdapat sebuah tempat penyewaan yang menyediakan jasa snorkeling yang di beri nama ‘”Sadranan Snorkeling”. Menurut pengelola, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi wisatawan yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung denngan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan – ikan cantik yang langka serta di lindungi. Snorkeling ini tidak hanya kegiatan olahraga yang sangat menantang dan menarik, tapi juga merupakan kegiatan rohani seseorang untuk lebih mengenal dan mendekatkan diri dengan alam dan kepuasan merupakan jaminan yang di tawarkan di pantai ini.

pantai-sadranan-1  Bagi wisatawan yang ingin belajar snorkeling di pantai ini, tidak perlu khawatir tentang alat dan keamanan karena pengelola telah menyediakan persewaan peralatan snorkeling plus pemandu untuk mengajarkan teknik senorkeling sekaligus sebagai pemandu menuju spot-spot snorkeling terbaik. Harga sewa yang di tawarkan pun sangat fantastis, cukup dengan Rp 50.000/pax wisatawan sudah dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung serta sepatu plus pemandu. Tarif ini berlaku untuk dua jam. Bagi pemula, sebelumnya akan di latih terlebih dahulu untuk menggunakan peralatan seperti mengunakan masker yang berfungsi untuk melihat dengan jelas keadaan bawah air dan menggunakan snorkel (pipa sebagai alat bernapas) dan memasang pelampung.

Snorkeling-di-Pantai-Sadranan-Gunung-Kidul-JogjakartaTerdapat beberapa lokasi snorkeling yang menjadi spot favorit yang nantinya akan di tunjukkan oleh pemandu, diantaranya spot Watu pecah dan Kali Senggoro. Di dua spot ini snorkeler akan di suguhi dengan pemandangan biota laut yang asih alami. Terumbu karang yang mempesona dan spesies–spesies langka yang di lindungi seperti ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning (Yellow Tang), Botana Achilles, Ikan Lepu (Scorpion Fish), Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan lain–lain.

DSC_0552Snorkeling lebih baik kalau di lakukan pada saat air laut mulai surut, yaitu pada saat pagi hari, tengah hari atau sore hari menjelang sunset. Pada waktu–waktu tersebut keadaan air menjadi lebih tenang dan tidak keruh karena aktivitas ombak. Pada saat itu juga ikan–ikan akan mulai berenang–renang. Nah, sembari berasik- asik di bawah permukaan air, wisatawan juga dapat mengabadikan petualangannya dengan berfoto yang akan di bantu oleh pemandu (untuk penyewaan alat dengan kelompok minimal lima orang akan mendapat bonus foto – foto gratis menggunakan kamera under water). Foto – foto itu dapat di minta soft-file-nya juga.

Untuk para pecinta alam, tempat ini juga sangat cocok untuk bermalam dan ber-camping dan api unggun. Di pantai ini, pengelola “Sadranan Snorkeling” juga menyediakan tenda dome bagi para wisatawan.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan. Perkembangan pariwisata di Gunungkidul, terbilang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang baru yakni wisata Pantai Nglambor yang digunakan untuk snorkeling.

pantai-nglambor-pesona-bawah-air-di-gunungkidul-nglamborMenyelam air dangkal menjadi salah satu potensi pantai yang akhir-akhir ini sering muncul di media sosial baik twitter, instagram dan facebook. Pantai yang diapit dua karang besar cukup menarik sebab, air lautnya tergolong bersih. Berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.

Nglambor Gunung KidulTepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.

Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Sumber : Mbah Google, n jogja, ensiklopedia, Panduanwisata, dan sahabat curhatnya…

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja