Apr 24

Umbul Ponggok (Snorkling)

Keindahan Obyek Wisata Umbul Ponggok Klaten

Umbul ponggok memiliki beberapa wahana yang memanjakan pengunjung yang datang ke sana. Di antaranya sebagai berikut :    

1. Kualitas air yang sangat bagus

umbul_ponggokBagi warga ponggok dan sekitarnya, air bersih bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. Pasalnya hampir di wilayah polanharjo terdapat mata air yang mengalir deras, sehingga warga tak perlu lagi mencari air bersih. Khusus umbul ponggok, sumber mata air yang ada di tengah kolam mengalir begitu deras dan tidak pernah berhenti. Dengan kualitas air yang jernih dan mengalir, tentu tidak berbahaya bagi kesehatan kulit para pengunjung yang berenang di kolam.

2. Kolam yang luas

Wisata air sangat identik dengan berenang dan snorkling. Bahkan saat ini selfie menjadi budaya dadakan yang seakan mengajak setiap orang yang ke sana untuk berfoto di bawah air. Untuk selfie di bawah air ini, kami sebut dengan “Underwater Selfie.” Kolam yang luas dengan kedalaman antara 1-3 meter membuat anda yang ingin berenang bisa dengan bebas berenang kesana-kemari dan menyenangkan.

3. Panorama bawah air yang indah

UmbulUmbul ponggok memiliki pemandangan/panorama bawah air yang sangat mempesona. Dengan berbagai jenis ikan air tawar di dalamnya, membuat anda terasa damai dan bahagia. Inilah surga yang diberikan oleh Tuhan YME di umbul ponggok. Dasar kolam yang berpasir membuat kesan “alami” semakin nyata di umbul ponggok. Didukung dengan bebatuan besar dan kecil yang ada di setiap jengkal di dasar umbul ponggok.

4. Snorkling? Why Not

Saat berkunjung ke sana, ada banyak orang yang membawa peralatan snorkling yang juga berkunjung ke umbul ponggok. Umbul ponggok memang memiliki keindahan pemandangan bawah air yang tak kalah dengan karimun jawa atau wisata snorkling di daerah lain. Dasar kolam umbul ponggok yang berpasir/ladu dan aneka jenis ikan membuat anda yang suka snorkling menjadi terhipnotis dengannya.

5. Sarana yang lengkap

Di awal sebelum banyak pengunjung datang, umbul ponggok masih sangat sederhana. Hanya ada 4 kamar ganti baju untuk pengunjung. Juga hanya ada beberapa warung yang menawarkan kehangatan setelah berenang. Namun saat ini umbul ponggok sudah berbenah dan melengkapi infrastruktur di sekitar obyek wisata. Kamar ganti ditambah, warung makan dirapikan, dan tentunya persewaan alat-alat renang yang semakin lengkap. Kamera antiair, pelampung, alat-alat diving sudah tersedia di sana. Jadi anda tak perlu lagi membawanya dari rumah.

PonggokNama umbul ponggok diambil dari bahasa jawa, umbul yang artinya “sumber mata air.” Sedangkan ponggok adalah sebuah nama desa di Polanharjo dimana umbul terletak. Umbul ponggok terletak di daerah Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Memang tidak sepopuler mata air Cokro, tetapi dalam beberapa bulan terakhir ponggok sudah berbenah dan kini semakin banyak wisatawan yang datang untuk membuktikan keindahan umbul ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving.

umbul-ponggok-klatenKolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter tempat ini cocok digunakan untuk lokasi snorkelling. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus.

Sumber : Mbah Google, njogja, blog dan saudara saudarinya…

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja