Jun 24

Wisata Malam di Jogja

Wisata Malam di Jogja

Beberapa tempat di Jogja yang menjadi kawasan wisata pada malam hari di Kota Yogyakarta akan Mas Jo infokan di bawah ini, bagi teman2 yang berkunjung di Kota Yogyakarta silahkan mencoba alternatif pilihan wisata malam di Yogyakarta berikut ini. Semoga Bermanfaat…. 🙂

1. Alun alun Kidul

malam di alun alunAlun-alun Kidul, atau biasa disingkat Alkid merupakan tanah lapang dibelakang kompleks kraton dan terkenal dengan mitos pohon beringin kembar. Lokasi ber jarak ± 2 km dari Malioboro. Dulunya Alkid digunakan sebagai tempat untuk latihan ketangkasan prajurit kraton. Seperti ketangkasan berkuda (setonan), lomba memanah sambil bersila (manahan), dan adu harimau (rampok harimau). Sejarah Alkid tak pernah lepas dari beringin kembar yang tumbuh di tengah alun-alun. Dimana para prajurit sering mengadakan latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua beringin. Tradisi yang kini disebut masangin ini kemudian banyak ditiru orang-orang dan membuat Alkid semakin popular dan terkenal dengan berjalan melintasi dua pohon kembar. 

AlkidSaat mulai gelap, berbagai jajanan dan makanan sudah bisa dipesan. Suasana semakin ramai dan meriah. Ada yang memilih nongkrong di pinggir alun-alun sambil menikmati jajanan, ada pula yang mengitari alun-alun dengan sepeda tandem atau mobil kayuh, sedang yang di tengah alun-alun bermain masangin atau kitiran. Sangat pas dinikmati bersama teman dan keluarga. Di waktu-waktu tertentu, anda dapat melihat pagelaran wayang di Sasono Hinggil Dwi Abad. Namun, untuk melihatnya anda perlu persiapan karena umumnya wayang digelar semalam suntuk.

2. Tugu Jogja

tugu yogyaTugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta. Tugu Jogja kira-kira didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri dan dijadikan simbol semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Dulunya tugu Yogyakarta setinggi 25 Meter.

Tugu duluNamun bangunan Tugu sempat rubuh setelah gempa besar di Tahun 1987  di Yogyakarta, dan pemerintahan Belanda kembali merenovasi bangunan tersebut dengan ketinggian bangunan di kurangi ± 10 meteran lebih rendah dari bangunan semulanya. Dengan maksud agar persatuan antara rakyat dan raja yang di simbolkan melalui bangunan Tugu akan terkikis. Namun, upaya itu tidak berhasil memudarkan semangat rakyat untuk tetap berjuang melawan penjajahan.

keramaian di tuguBegitu identiknya Tugu Jogja dengan Kota Yogyakarta, membuat banyak mahasiswa perantau mengungkapkan rasa senangnya setelah dinyatakan lulus kuliah dengan memeluk atau mencium Tugu Jogja. Mungkin hal itu juga sebagai ungkapan sayang kepada Kota Yogyakarta yang akan segera ditinggalkannya, sekaligus ikrar bahwa suatu saat nanti ia pasti akan mengunjungi kota tercinta ini lagi. Adapun cerita lan dari mahasiswa di Yogyakarta yang Suasana di kawasan Tugu semakin malam semakin ramai pengunjung yang menikmati malam sambil berfoto dan menikmati hidangan angkringan yang juga tersedia di sekitar area Tugu Yogyakarta.

3.  O KM Jogja Malioboro

foto 0 km Nol KM adalah pusatnya kota Jogja, dan sudah kita bahas sebelumnya di artikel objek wisata yang ada di area malioboro. Di tempat ini pada malam hari juga menjadi favorit bagi warga kota Yogyakarta dan pendatang untuk berkumpul disini. Suasana yang indah dengan gemerlap lampu kota yang menyinari serta bangunan klasik juga sering diadakan pesta acara-acara adat, pentas seni, konser musik dan lain lain.

Bila tidak ada acara yang besar biasanya tempat ini di isi oleh para komunitas unik yang ada di jogja, misalnya, komunitas vespa jadul, sepeda, sepatu roda, selain itu tempat ini juga selalu menjadi pameran para seniman jogja, patung, atau protes dalam bentuk seni.

4. Taman Pelangi  / Lampion

taman pelangi Kawasan wisata untuk malam hari di Yogyakarta ini bisa juga menjadi pilihan. Memasuki taman, kita akan melewati sebuah rute yang dipenuhi lampion dengan aneka bentuk dan warna mulai dari flora, fauna, tokoh-tokoh kartun Jepang dan Disney, bahkan wajah-wajah para pemimpin republik ini, yang juga terbuat dari lampion. Penataannya pun bervariasi, ada yang seperti ditanam di dalam tanah, menempel di dinding, bergantungan, atau berbaris seperti prajurit berjajar rapi.  

taman lampionTaman Pelangi Monjali boleh dibilang tempat rekreasi yang cukup lengkap. Selain menawarkan romantisme malam bertabur lampion warna-warni dan bermacam wahana permainan, di sini juga ada food court yang bisa menjadi tempat melepas lelah sambil mengisi perut
Sambil menikmati malam yang penuh warna, kita juga bisa mencoba bemacam wahana mulai dari trampolin, becak mini, perahu dayung, bola air, speed boat, bom bom car, dan lain sebagainya.

5. Bukit Bintang

bukit bintangBukit Bintang Jogja adalah suatu tempat wisata malam di Yogyakarta. Dinamakan Bukit Bintang, Karena berada di ketinggiann bukit. Dan dari Bukit inilah kita bisa melihat kelap-kelip bintang, yang merupakan pancaran lampu dari rumah-rumah yang ada di wilayah Yogyakarta, maka dari itu terlihat seperti Bintang yang memancarkan cahaya. Lokasinya berada di daerah perbukitan Pathuk, Gunungkidul.

Pemandangan kota Jogja yang terhampar dibawah memang sangat indah, tak hanya pemandangan kota dengan rumah dan bangunan yang terlihat menyemut, pemandangan alami yang tersaji pun sangat memanjakan mata, sawah dan hutan yang terhampar luas, Gunung Merapi,Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing  yang tinggi menjulang di kejauhan sana semakin menambah eksotisme pemandangan alam di salah satu tempat wisata di Jogja ini.

bukit bintangBukit bintang terkadang merupakan tempat yang begitu romantis bagi para muda dan mudi yang sedang memadu kasih atau bagi para pasangan muda yang baru saja membina rumah tangga dan juga bukan hanya untuk mereka saja, terkadang banyak keluarga pula yang mengunjungi bukit bintang untuk menghilangkan kepenatan dengan keindahan yang eksotis dan suasana perbukitan cuaca dingin

Sumber sebagian dari pengalaman Mas Jo dan sebagian dari Mbah Google

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja